Pemkab Kudus Bakal Sulap TPA Jadi Wahana Rekreasi

Kondisi TPA yang ada di Kudus. Rencananya, kawasan TPA ini nantinya bakal dijadikan sebagai wahana rekreasi (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Kondisi TPA yang ada di Kudus. Rencananya, kawasan TPA ini nantinya bakal dijadikan sebagai wahana rekreasi (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS  – Tempat pembuangan akhir (TPA) masih identik dengan tumpukan sampah yang berjubel, dengan bau yang tidak enak. Kondisi seperti ini, bakal diubah oleh Pemkab Kudus, dengan menyulapnya menjadi wahana rekreasi.
Plt Kepala Dinas Cipkataru Kudus Sumiyatun mengatakan, pemkab secara perlahan sedang menata lokasi tumpukan sampah tersebut menjadi wahana rekreasi yang nyaman.

“Kita tidak mau kesan TPA menjadi kumuh dan dijauhi mayarakat. Jadi, kita buatkan beberapa terobosan agar TPA lokasinya menjadi nyaman dan masyarakat betah berada di sana,” ujarnya kepada MuriaNewsCom, Kamis (8/10/2015).

Pembenahan yang sudah dilakukan adalah, dengan menambah jumlah pepohonan sebagai peneduh lokasi TPA. Selain itu, fungsi pepohonan juga dapat menangkal bau dari timbunan sampah yang banyak ditemukan di lokasi.

Selain pepohonan, berbagai binatang nantinya juga diletakkan di kawasan TPA. Mulai dari monyet, ayam kalkun , angsa, sapi, unggas dan berbagai hewan lainnya. Nantinya, banyak binatang yang bakal dihadirkan untuk mempercantik wilayah TPA.

“Kita buat taman juga, area bermain anak juga kami siapkan. Berdasarkan pertemuan di Surabaya beberapa hari yang lalu, taman dapat jadi lokasi yang menarik. Jadi kami terus melakukan penataan,” jelasnya. (FAISOL HADI/KHOLISTIONO)