Duh, Banyak Jalan di Jepara Gelap Gulita

Suasana di jalan Raya Tahunan ketika malam hari yang minim penerangan menjadi rawan kecelakaan maupun kejahatan pengguna jalan. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Suasana di jalan Raya Tahunan ketika malam hari yang minim penerangan menjadi rawan kecelakaan maupun kejahatan pengguna jalan. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Jalan-jalan yang ada di Kabupaten Jepara ternyata tidak sedikit yang masih gelap gulita ketika malam hari. Pasalnya, lampu yang semestinya jadi alat penerangan jalan masih sangat kurang.

Dari pantauan MuriaNewsCom, di jalan yang sebelumnya berstatus milik Provinsi, kini jadi jalan nasional sedikitnya ada empat titik yang masih gelap ketika malam hari. Empat titik tersebut antara lain, di Jalan Raya Nalumsari, Mayong, Ngabul, dan Tahunan.

Saat malam hari empat titik tersebut menjadi ruas jalan yang rawan terhadap terjadinya potensi kecelakaan lalu lintas. Terlebih jalan itu menjadi akses utama masuknya kendaraan dari arah Kudus menuju Jepara, yang memiliki kondisi arus relatif padat. Untungnya, kondisi infrastruktur di jalur tersebut sudah relatif baik dari sebelumnya.

Salah seorang warga, Hidayat (33) mengatakan, lampu penerangan jalan memang masih sangat kurang. Padahal itu sangat berbahaya, bahkan sudah sering terjadi kecelakaan,” ujar Hidayat kepada MuriaNewsCom, Sabtu (3/10/2015).

Menurutnya, gelapnya ruas jalan di Jalan Raya Ngabul dan Tahunan hingga RSUD Kartini, diduga karena sudah tak berfungsinya Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). Sebab, ada belasan unit lampu di jalan itu tak menyala pada malam hari. (WAHYU KZ/TITIS W)