Pemkab Gagas Perbub yang Mengharuskan Desa Punya Perpustakaan

Nanang Usdiarto, Kepala kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Nanang Usdiarto, Kepala kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Belum adanya perpustakaan di semua desa di Kudus, menjadi tugas pemkab dalam pengadaan perpustakaan tersebut. Untuk itu, agar progam desa memiliki perpustakaan, maka digagas adanya perbub yang mengaturnya.

Kepala kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kudus Nanang Usdiarto mengatakan, pihaknya sedang menggagas adanya perpustakaan di setiap desa. Selain melakukan pembinaan secara rutin. Pihak kantor juga melakukan usulan dalam pembuatan perbub.

”Kami upayakan adanya perbub yang mengatur pemdes harus ada perpustakaan. Agar semua desa juga sadar pentingnya membaca dan menjalankannya,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, dasar lain untuk membuat perpustakaan tingkat desa adalah dengan pembiayaan yang ada di desa, yakni dengan bersumber dari pemerintah pusat. Untuk itu, dapat dialokasikan dalam pengelolaan perpustakaan.

”Kami masih menggalakkan sosialisasi. Baik itu dari tingkatan kecamatan maupun langsung ke tingkat desa. Jadi semua aspek kita berikan pengarahan terlebih dahulu,” jelasnya. (FAISOL HADI/TITIS W)