Ini Cara Biar Orang Lain Tak Bosan Lihat Wajahmu

Kegiatan merawat wajah tampak dilakukan di Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

Kegiatan merawat wajah tampak dilakukan di Kudus. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Memiliki jenis kulit yang berminyak terkadang membuat si pemilik kulit harus ekstra hati-hati. Sebab pada jenis ini, kulit sangat rentan dengan berbagai masalah karena kelebihan ekskresi berupa minyak.

Minyak yang membasahi kulit, terutama wajah akan membuat kotoran semakin lekat menempel. Bagi yang tidak telaten dan malas merawat, hati-hati dengan jerawat yang tiba-tiba muncul.

Sudah ada banyak cara yang tersedia untuk menghilangkan jerawat. Asal mau menjaga kebersihan kulit, dan meninggalkan makanan yang menjadi pemicu jerawat akan meminimalisasi timbulnya benjolan tersebut. Lalu bagaimana dengan bekasnya yang terlanjur melekat di wajah?

“Nah bekasnya ini yang sulit dihilangkan dibandingkan dengan jerawatnya. Namun kini sudah ada banyak treatment aman yang dapat dipilih, ” ujar Yooshy Kartika Sari salah satu dokter estetika di Muntira Skincare Kudus.
Beberapa treatment ini bisa dicoba mulai dari yang paling sederhana terlebih dahulu. Di antaranya :

  1. Facial
    Facial merupakan perawatan kulit wajah yang paling mendasar dan paling banyak dilakukan. Treatment ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme sel, antioksidan, mengikis sel-sel kulit mati, merangsang pembentukan sel baru, dan membantu proses penyerapan oksigen ke dalam kulit. Sehingga dapat sekaligus memudarkan bekas jerawat.
  2. Chemical peeling
    Teknik peremajaan kulit ini dilakukan dengan cara pengelupasan lapisan permukaan kulit hingga ke lapisan tertentu. Dalam penggunaannya, peeling ini dibantu cairan khusus yang dioleskan ke seluruh permukaan kulit wajah. Dengan teknik perawatan ini kulit dapat menjadikan kulit cerah bercahaya, bebas kusam, tekstur kulit menjadi halus, memudarkan bekas jerawat dan flek, serta mengencangkan kulit
  3. Dermaroller
    Dermaroller ini adalah treatment tingkat lanjut menggunakan serum dan jarum halus berukuran sangat kecil yang dirolling di atas permukaan kulit dengan tekanan tertentu. Perawatan ini dapat mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, mengurangi keritan, stretch mark, dan juga memperbaiki penampilan kulit yang tidak rata akibat bekas. Meskipun menggunakan jarum, akan tetapi karena ukurannya yang kecil maka pasien tidak akan merasakan sakit.
  4. Mikrodermabrasi
    Teknik mikrodermabrasi ini juga treatment lanjutan dengan cara pengelupasan kulit menggunakan serbuk kristal alumunium dioksida steril untuk menghaluskan permukaan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, merangsang regenerasi kulit baru, serta merangsang pembentukan kolagen. Sehingga kulit baru akan terbentuk dan menutup bekas jerawat.
  5. Mesoterapi
    Mesoterapi merupakan terapi dengan cara memasukan vitamin atau obat ke dalam kulit. Ada berbagai manfaat yang didapatkan seperti memutihkan dan mecerahkan kulit, menghilangkan jerawat atau flek, menghancurkan lemak, dan lainnya.

“Kelima terapi ini dapat dipilih setelah dikonsultasikan dengan dokter. Sebab jenis, kondisi kulit dan tingkat parah tidaknya bekas jerawat memiliki pilihan treatment yang berbeda-beda, ” imbuhnya.
Jadi pastikan terlebih dahulu kebutuhan treatment dengan ahlinya sebelum melakukan treatment. (AYU KHAZMI/AKROM HAZAMI)