Banyak Warga Muhammadiyah di Purwodadi Ketinggalan Salat Idul Adha

 Warga saat mendengarkan khutbah pada pelaksanaan salat Idul Adha (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Warga saat mendengarkan khutbah pada pelaksanaan salat Idul Adha (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Pelaksanaan salat Idul Adha yang dilakukan sebagian umat Islam pagi tadi di SMA Muhammadiyah Purwodadi berlangsung aman dan lancar. Meski demikian, banyak warga yang terlambat mengikuti salat. Sebab, saat jemaah datang, pelaksaan salat sudah dimulai beberapa saat sebelumnya.

Sebagian lagi bahkan tidak bisa salat di tempat itu. Karena, ketika mereka datang, pelaksanaan salat sudah selesai. Mereka ini, ada yang langsung pulang dan beberapa diantaranya tetap masuk ke halaman sekolah untuk mendengarkan khutbah Idul Adha.

“Biasanya, salat Id dilaksanakan jam 06.30 WIB. Kali ini ternyata jadwalnya lebih pagi, sehingga saya terlambat,” ungkap Winarno, warga Kelurahan Kalongan, Purwodadi.

Sesuai pengumuman yang dipasang di pintu masuk sekolah tersebut, pelaksanaan salat Idul Adha 1436 H dimulai pukul 06.00 WIB. Namun, pada pelaksanaannya, salat Idul Adha dengan Imam dan Khatib Musta’in itu baru dilakukan sekitar pukul 06.15 WIB.

Pelaksanaan salat Idul Adha itu diikuti sekitar 500 orang. Sebagian besar jemaah berasal dari Kota Purwodadi. Sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Grobogan terlihat mengikuti salat Idul Adha disitu. Selama pelaksanaan salat, belasan petugas kepolisian tampak berjaga di lokasi.

“Selain di SMA Muhammadiyah, pelaksanaan salat Idul Adha juga dilakukan di beberapa lokasi. Antara lain, di lapangan Kecamatan Godong, Gubug, Tawangharjo, Kradenan, Tegowanu, Wirosari, Geyer, Desa Wolo (Penawangan), dan Desa Depok (Toroh),” ungkap salah seorang Pengurus Cabang Muhammadiyah Grobogan Jati Purnomo. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)