Rumdin Bupati Rembang Direncanakan Dibangun di Belakang Museum Kartini

Museum RA Kartini Rembang ini sejatinya merupakan bagian dari Kompleks Rumah Dinas (Rumdin) Bupati. (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

Museum RA Kartini Rembang ini sejatinya merupakan bagian dari Kompleks Rumah Dinas (Rumdin) Bupati. (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

 

REMBANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar guna membangun rumah dinas (Rumdin) Bupati. Sejak lima tahun terakhir, Bupati Rembang tinggal di kediamannya seiring keputusan dialihfungsikannya kompleks Rumdin tersebut menjadi Museum Kartini. Mantan Bupati Rembang, Moch Salim yang membuat kebijakan tersebut.

“Rumdin bupati memang menjadi rencana penting Pemkab di APBD 2016. Desain rumah dinas itu sudah siap sejak setahun yang lalu. Sesuai rencana Rumdin akan dibangun di belakang Museum Kartini, memakan sebagian lapangan tenis, dan menghadap ke utara,” ujar Hari Susanto, Plt Sekda Rembang sekaligus Kepala Bappeda setempat, Sabtu (19/9/2015).

Hari Susanto mengatakan, jika usulan anggaran Rp5 miliar disetujui oleh DPRD, maka rumah dinas itu belum akan terbangun ketika kepala daerah baru terpilih. Apalagi sampai saat ini APBD 2016 juga belum disahkan. Menurutnya APBD 2016 diperkirakan baru akan terserap pada Februari 2016.

“Sementara jika tidak ada sengketa hasil pemilihan, maka kepala daerah terpilih baru dilantik sekitar Maret tahun depan. Itu pun pembangunan rumah dinas perlu waktu, kita perkirakan akan selesai pada semester kedua 2016,” kata Hari Susanto. (AHMAD FERI/KHOLISTIONO)