Tambahan Unsur Modern, Buat Kebaya Semakin Berkembang

Kebaya-Semakin-Berkembang

Desain kebaya modern yang dipamerkan dalam festival. Kebaya model ini sangat diminati melihat desainnya menjadi lebih bagus sesuai dengan perkembangan zaman. (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Kebaya adalah salah satu pakaian tradisional khas Jawa yang banyak digunakan untuk berbagai agenda resmi. Untuk saat ini penggunaan kebaya identik digunakan saat acara pernikahan.

Sebelumnya, kebaya sangat khas dengan model kunonya yang unik. Sehingga untuk melestarikan kebaya saat ini, banyak perancang busana yang membuatnya terlihat modern sesuai dengan kondisi saat ini.

Aris Yuni Astutik perancang busana dan pemilik salon Magenta di Jember Kudus mengatakan, kebaya modern justru saat ini menjadi trend fashion. ”Tidak hanya untuk upacara pernikahan saja, namun untuk acara resmi lain juga sangat diminati. Dengan sentuhan modern membuat kebaya semakin berkembang,” ujarnya.

Kebaya modern ini, lanjut, Aris lebih dikembangkan pada bagian bawah serta riasan kepala. Untuk bawahan, kebaya sudah banyak diaplikasikan dengan berbagai jenis kain. ”Jika sebelumnya hanya menggunakan kain ‘jarik’ yang sempit kini dengan nuansa modern bisa dipadukan dengan jenis tile, satin, dan songket yang dibuat lebar,” jelasnya.

Sementara bagian kepala, lebih terlihat hiasan bagi yang berjilbab. Mengkombinasikan pita, mote, bros, headban, dan teknik melipat jilbab modern sehingga lebih menarik.

Menurutnya, dengan paduan modern ini membuat kebaya tidak akan hilang maknanya. Apalagi dengan warna-warna indah misalnya peach membuat kebaya semakin menawan. ”Kalau dulu kan lebih kewarna yang sangat mencolok, sehingga untuk sekarang terlihat kuno. Namun dengan kombinasi sesuai dengan perkembangan zaman membuat kebaya semakin diikuti modelnya,” imbuhnya.

Saat ini meski kebaya modern sudah banyak dikembangkan, namun untuk model kebaya serta riasan khas Jawa tetap masih ada. Seperti saat upacara pernikahan masih banyak yang menggunakan paes ageng saat prosesi utamanya. ”Setelah itu baru menggunakan kebaya modern,” tambahnya. (AYU KHAZMI/TITIS W)