Pemkab Rembang Bakal Kucurkan Raskin ke-13

Abdullah Zawawi, Plt Asisten II Sekda Rembang. (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

Abdullah Zawawi, Plt Asisten II Sekda Rembang. (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

 

REMBANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang berencana mengucurkan jatah beras bagi keluarga miskin (Raskin) ke-13. Upaya tambahan alokasi Raskin ini bertujuan untuk menekan dampak musim kemarau yang bermuara pada bencana kekeringan. Tak tanggung-tanggung, ada 12 dari 14 kecamatan di wilayah setempat yang kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih.

“Total alokasi raskin ke-13 sebanyak 1.035 ton untuk 69.014 rumah tangga sasaran. Rencana pengalokasian raskin ke-13 itu karena persediaan pangan di gudang bulog masih cukup sampai Februari tahun depan. Stok beras di Gudang Bulog masih 6.642 ton dan cukup dikonsumsi hingga 6 bulan ke depan,” ujar Abdullah Zawawi, Plt Asisten II Sekda Rembang, Kamis (17/9/2015).

Abdullah Zawawi mengaku belum menerima informasi tentang keresahan masyarakat tentang pangan. Dia mengaku hanya khawatir tentang kondisi perekonomian masyarakat. Terkait rencana distribusi raskin ke-13 dilakukan, Pemkab Rembang akan menyalurkannya pada bulan Desember. Tetapi Zawawi menyatakan masih perlu menunggu petunjuk penyaluran raskin ke-13 dari Pemerintah Pusat.

“Jatah penyaluran beras bagi 69.014 keluarga miskin untuk bulan September dan sudah disalurkan pada 19 sampai 25 Agustus lalu. Sementara raskin jatah Oktober, disalurkan mulai tanggal 14 hingga 21 September ini,” kata Abdullah Zawawi. (AHMAD FERI/KHOLISTIONO)