Dinas Pendidikan Rembang Dukung Penuh Perakitan Mobil Esemka

Penandatanganan MoU antara SMK Muhammadiyah Rembang dengan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Kamis (17/9/2015). (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

Penandatanganan MoU antara SMK Muhammadiyah Rembang dengan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Kamis (17/9/2015). (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

 

REMBANG – Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Rembang memberikan apresiasi penuh terhadap kerjasama antara SMK Muhammadiyyah dengan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK). Dindik setempat mendukung penuh perakitan mobil esemka yang rencananya akan dilakukan oleh 565 siswa setempat. Dalam waktu dekat, ratusan siswa itu akan merakit satu kendaraan jenis mobil niaga bertipe Bima Esemka 11 dengan kapasitas mesin 1.090 cc.

Noor Effendi, Plt Kepala Dindik Kabupaten Rembang mengatakan, kerjasamaperakitan mobil atau kendaraan bermotor lainnya memang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Apalagi, para lulusan SMK segera dihadapkan dengan persaingan di bursa tenaga kerja global, menyusul era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Kami akan mendukung penuh hasil kerjasama itu. Lulusan SMK segera dihadapkan dengan persaingan di bursa tenaga kerja global. Apalagi sebelum MEA bergulir pada 15 Desember 2015 mendatang, ratusan tenaga kerja asing dari Hongkong, dilaporkan sudah dipekerjakan di industri di Surabaya, Jawa Timur,” kata Noor Effendi, Kamis (17/9/2015).

Joko Sutrisno, Komisaris PT SMK menyatakan, bahwa dalam rencana perakitan mobil Esemka dengan SMK Muhammadiyah Rembang akan banyak berbagi informasi dan pelajaran tentang teknologi terbaru Esemka. Menurutnya jika ada lulusan yang terampil, mereka berpotensi untuk direkrut bekerja di PT SMK. (AHMAD FERI/KHOLISTIONO)