Ini Rahasia Menanam Strawberry di Dataran Rendah Bersuhu Panas

Adi menunjukkan tanaman strawberry yang mulai berbuah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Adi menunjukkan tanaman strawberry yang mulai berbuah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Ada cara khusus untuk menanam ragam tumbuhan yang mestinya hidup di dataran tinggi, seperti selada, strawberry dan ragam tanaman lainnya. Salah satunya, dengan merekayasa kondisi seperti media tanah, kelembaban, termasuk nutrisi tanaman.

Adi Arifianto, warga Desa Sidoharjo, Kecamatan Pati Kota mencoba untuk menanam strawberry. ”Ada cara tersendiri untuk menanam strawberry di daerah bersuhu panas. Misalnya, penggunaan media tanah yang berbeda, mengatur kelembaban suhu dengan menaruhnya di tempat mudah terjangkau angin, dan rajin menyiram,” bebernya kepada MuriaNewsCom, Senin (14/9/2015).

Selain itu, kata dia, ada cara ampuh yang mungkin tidak banyak disadari orang banyak. Yakni, berkomunitas. Dengan ikut komunitas, banyak hal yang tidak tahu menjadi tahu.

”Dengan ikut komunitas, saya bisa belajar dan berbagi. Kebetulan, saya ikut komunitas hidroponik Pati. Di sana, saya bisa saling sharing, membahas masalah terkait tanaman, belajar, dan berbagi,” imbuhnya.

Dari komunitas itulah, muncul inspirasi dan solusi jika ada masalah pada tanaman yang ia tanam. ”Ini strawberry saya mulai berbuah dan rencana saya akan membuat kebun strawberry untuk wisata agrowisata kecil-kecilan,” tandasnya. (LISMANTO/TITIS W)