Nelayan Pati Sebut Aturan Kementerian Kelautan Bikin Susah Melaut

Sejumlah ABK berada di depan kapal yang akan pergi melaut dari Sungai Juwana. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sejumlah ABK berada di depan kapal yang akan pergi melaut dari Sungai Juwana. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pati Rasmijan mengatakan, aturan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mengakibatkan pemilik kapal tidak bisa mengurus Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) dalam beberapa bulan terakhir.

Karena itu, pihaknya mendesak agar Bupati Pati Haryanto mau membantu nelayan di Pati dengan mengadakan audiensi dengan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber daya Rizal Ramli. “Dengan adanya audiensi dengan Menko Maritim, kami berharap agar SIPI bisa segera keluar,” kata Rasmijan saat dikonfirmasi MuriaNewsCom, Selasa (8/9/2015).

Ia juga mengusulkan agar ada revisi dari aturan yang sudah ada. Selain itu, ia meminta kepada pemerintah agar lebih giat memberikan sosialisasi kepada nelayan jika ada aturan baru yang sudah berlaku.

“Banyak nelayan yang menggantungkan hasil tangkapan ikan untuk kebutuhan sehari-hari, sekaligus membayar hutang yang mereka pinjam di bank untuk keperluan melaut. Kami berharap pemerintah bijaksana menyikapi masalah ini,” harapnya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)

Satu gagasan untuk “Nelayan Pati Sebut Aturan Kementerian Kelautan Bikin Susah Melaut

  1. Ping-balik: Gara-gara Pernyataan Ini, Nelayan Cantrang Vs Pursein di Juwana Nyaris Bentrok | Muria News

Komentar ditutup.