Khusus Weekend, Becak Wisata di Area Menara Kudus Dibantu Ojek

Ojek wisata dan becak yang beroperasi di Terminal Krapyak (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

Ojek wisata dan becak yang beroperasi di Terminal Krapyak (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Akhir pekan identik dengan liburan, dan biasanya diberbagai tempat wisata akan dipenuhi pengunjung. Hal tersebut juga dapat ditemukan di Kudus yang terkenal dengan wisata religinya. Setiap musim liburan dan hari minggu, lokasi objek wisata religi di Kompleks Makam Sunan Kudus juga selalu dipadati peziarah.

Seperti yang terlihat hari ini, Minggu (6/9/2015) kompleks makam dipenuhi oleh para peziarah. Untuk layanan transportasi peziarah, ada beberapa alternatif, di antaranya becak dan ojek. Namun, jika pada pagi hari biasanya hanya becak yang beroperasi.

“Sebenarnya ketika pagi hanya becak wisata yang beroperasi, sementara untuk malam harinya ganti dengan ojek motor, ” ujar M. Ni’am, salah satu penarik becak dikawasan terminal Krapyak.

Namun, khusus untuk musim liburan dan hari libur, kedua alat transportasi tersebut dioperasikan bersama. Menurutnya hal tersebut tidak menjadi masalah, mengingat memang banyak sekali peziarah yang datang,
serta lokasi kompleks pemakaman yang jauh dari dari tempat parkir yang sudah disediakan.

Sementara itu, untuk peraturanterkait transportasi wisata, sudah ditentukan oleh Dinas Perhubungan Kudus. Sehingga hal ini dapat berjalan sesuai dengan aturan.

Alpan, koordinator UPT Terminal Krapyak Kudus mengatakan, sudah ada peraturan yang berlaku dari dishub dan harus dipatuhi, baik oleh becak mau pun ojek, termasuk jam kerja, izin, hingga tarif. (AYU KHAZMI/KHOLISTIONO)