Ini Alasan Orang Tua N Beri Nama Hanya Satu Huruf

N menunjukkan identitas diri pada kartu SIM. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

N menunjukkan identitas diri pada kartu SIM. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Di Kabupaten Jepara, ada pemuda yang memiliki nama N. Nama tersebut bukan inisial, melainkan nama resmi yang tercatat di semua kartu identitas. N adalah anak pertama pasangan Ali Mas’ud dan Kismawati, warga Dukuh Sidang RT 39 RW 08 Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.

Ayah N, Ali Mas’udi menyampaikan, pemberian nama N bukan tanpa alasan. Dia mengaku memberikan nama tersebut atas saran dari kiai tempat dulu dia menimba ilmu agama. Dia disarankan untuk memberi nama anak diambilkan dari Alquran yang memiliki arti baik.

”Saya diminta Pak Kiai untuk memberi nama seperti yang ada di dalam Alquran. Saya ingat,  ada surat yang bagus, yakni surat Nun. Kemudian saya beri nama anak saya N. Kalau saya beri nama Nun kan kasihan nanti malah jadi ejek-ejekan,” ujar Ali kepada MuriaNewsCom, Minggu (6/9/2015).

Menurut Ali, mulanya banyak tetangga dan kerabat bertanya dan seolah tak bisa menerima nama N. Namun, seiring berjalannya waktu, nama N bagi warga setempat sudah tak asing lagi.

”Dulu kalau masuk rumah sakit petugasnya tidak percaya, masa nama kok N. Begitu juga dengan tetangga-tetangga banyak yang bertanya-tanya,” kata Ali. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)