Calon Pengusaha Grobogan Mulai Dilatih Bikin Proposal Bisnis

Caption: Kelompok calon pengusaha nampak bersemangat saat mengikuti pelatihan TC Ruang Riptaloka, Setda Grobogan hingga sore hari ini. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kelompok calon pengusaha nampak bersemangat saat mengikuti pelatihan TC Ruang Riptaloka, Setda Grobogan hingga sore hari ini. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Meski kegiatan Technopreneurship Camp (TC) yang dilakukan di Ruang Riptaloka, Setda Grobogan berlangsung dari pagi hingga sore hari namun ratusan peserta tampak masih bersemangat. Terbukti, hingga akhir acara tidak ada peserta yang pulang lebih awal.

Pada hari kedua TC, ratusan peserta yang juga bakal jadi calon pengusaha itu diminta membuat kelompok kecil yang masing-masing punya sebuah usaha. Kelompok ini selanjutnya diminta menyiapkan sebuah proposal bisnis, seperti yang diajarkan beberapa saat sebelumnya. Dengan memiliki proposal yang baik, maka pengusaha nantinya lebih mudah ketika menggandeng kerja sama dengan pihak ketiga. Termasuk dalam mendapatkan pembiayaan untuk modal usaha.

”Kendala yang dihadapi pengusaha, khususnya dari kalangan UMKM memang cukup beragam. Salah satunya, adalah belum bisa membuat proposal bisnis yang baik,” ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Tatang A Taufik.

Selain masalah proposal, peserta juga mendapatkan serangkaian pelatihan mengenai wawasan keterampilan, rencana bisnis, manajemen, serta pembiayaan. Selain tim BPPT, narasumber pelatihan juga berasal dari UKM Center Jawa Tengah dan Bank BKK Purwodadi.
Dari ratusan peserta tersebut nantinya diambil 20 calon pengusaha terbaik, berdasarkan ide atau produk inovatif yang dipaparkan. Mereka ini nantinya mendapatkan pendampingan dan bantuan peralatan dari BPPT. Selain itu, juga mendapat bantuan legalitas usaha, sertifikasi, dan standarisasi uji produksi.

Acara TC merupakan salah satu agenda pogram Teknopark Grobogan dibawah bimbingan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Pemkab Grobogan Dasuki, Rabu (2/9/2015) dan berakhir Jumat (4/9/2015) besok. Ada sekitar 150 peserta yang ambil bagian dalam kegiatan ini. (DANI AGUS/TITIS W)