Wow Menarik, Banyak Pemuda Diajarkan Peduli Desa di Jepara

Suasana dalam acara Workshop Peduli Desa yang digelar oleh Lakpesdam NU Jepara, di salah satu rumah makan di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Kz)

Suasana dalam acara Workshop Peduli Desa yang digelar oleh Lakpesdam NU Jepara, di salah satu rumah makan di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Kz)

 

JEPARA – Pengurus Cabang (PC) Lakspesdam NU Jepara, mengelar Workshop Peduli Desa, di salah satu rumah makan di Jepara, Senin (31/8/2015). Agenda ini menghadirkan narasumber Kabag Humas Kabupaten Wonosobo, Tri Antoro bersama Wakil Bupati Jepara Subroto, Wakil Ketua DPRD Jepara Aris Isnandar dan seorang tokoh senior di Lakpesdam Jepara, Mayadina. Sedangkan pesertanya adalah pemuda karang taruna dan instansi terkait dari beberapa Desa di Kabupaten Jepara.

Panitia Kegiatan Lukman Hakim mengatakan, workshop ini mengangkat tema Mewujudkan Desa Inklusif, Mengawal Pelaksanaan Undang Undang Desa. Diharapkan masing-kader desa siap mengawal pelaksanaan UU dan program desa ke depan.

“Kami mengundang tokoh pemuda, karang taruna yang ada di beberapa desa. Diharapkan nantinya, muncul desa percontohan untuk mengawal UU desa tersebut,” ujar Lukman.

Dia mengemukakan, diharapkan masyarakat akan mendapat pengetahuan baru terkait tata kelola pemerintahan khususnya tentang UU desa. Selain itu juga mampu, memadukan kebijakan di level desa (petinggi) dengan kebijakan-kebijakan yang bersifat terbuka (inklusif). “Ini akan menjadi penebar semangat tata kelola inklusif di Jepara,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya sengaja mengundang pembicara dari Kabupaten Wonosobo yang dinilai telah sukses dan berhasil mendapatkan penghargaan kabupaten inklusif dari pemerintah pusat. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)