UMK Berhasil Raih Akreditasi Institusi B BAN-PT

Dr. Suparnyo SH. MS., Rektor Universitas Muria Kudus. (ISTIMEWA)

Dr. Suparnyo SH. MS., Rektor Universitas Muria Kudus. (ISTIMEWA)

 

KUDUS – Segenap civitas akademika Universitas Muria Kudus (UMK) patut berbahagia. Karena perguruan tinggi swasta (PTS) terbesar di Pantura Timur Jawa Tengah, ini berhasil meraih nilai B akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebagaimana dilansir situs resmi BAN-PT di laman ban-pt.kemdiknas.go.id, raihan nilai B itu berdasarkan Surat Kebuputusan BAN-PT No. 821/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2015 tertanggal 7 Agustus 2015 dan berlaku sampai dengan 7 Agustus 2020.

Rektor UMK, Dr. Suparnyo SH. MS., mengaku gembira dengan perolehan akreditasi institusi perguruan tinggi yang dipimpinnya. ”Perolehan nilai B akreditasi institusi ini berkat kerja keras pengurus yayasan, pimpinan universitas, dosen, tenaga kependidikan dan seluruh sivitas akademika,” katanya pada release yang diterima MuriaNewsCom, Senin (31/8/2015).

Suparnyo mengutarakan, hasil kerja keras yang mendapatkan raihan nilai akreditasi B ini, selayaknya disyukuri dan menjadi pelecut untuk memacu serta meningkatkan kualitas dan prestasi. ”Sarana dan prasarana perkuliahan serta lainnya, sudah sangat memadai di UMK ini. Tinggal bagaimana sekarang prestasi semakin ditingkatkan, khususnya prestasi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun nonakademik,” ujarnya.

Wakil Rektor I UMK, Dr. A. Hilal Madjdi M.Pd., mengemukakan, UMK kini menjadi salah satu perguruan tinggi bergengsi di Jawa Tengah. ”Di pentas nasional, nama UMK juga diperhitungkan,” tuturnya.

Hilal menambahkan, UMK melangkah lebih jauh lagi, agar bisa bersaing dengan berbagai perguruan tinggi lain di level internasional, khususnya di ASEAN. Di level internasional, UMK sudah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan institusi lain di Malaysia, Thailand, dan Prancis.

”Ini dalam rangka mengukuhkan nama UMK di pentas global, meningkatkan kualitas akademik dalam kegiatan intership, students exchange, lucturer’s exchange, dan join research,” tutur Hilal. (TITIS W)