Puluhan Anggota Satpol PP Grobogan Berlatih Padamkan Kebakaran

Kasi Damkar BPBD Grobogan Sutrisno memberikan pelatihan pada satpol PP. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kasi Damkar BPBD Grobogan Sutrisno memberikan pelatihan pada satpol PP. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Puluhan anggota Satpol PP Grobogan dapat tambahan keahlian. Yakni, cara memadamkan api ketika terjadi musibah kebakaran. Pelatihan untuk Satpol PP yang dilangsungkan di sudut selatan Alun-alun Purwodadi itu, dilakukan oleh Kasi Damkar BPBD Grobogan Sutrisno.

”Peserta pelatihan kali ini ada sekitar 30 anggota. Dengan pelatihan ini kita harapkan, anggota Satpol bisa membantu upaya awal ketika ada kebakaran di sekitarnya,” ungkap Kasi Pembinaan Satpol PP Grobogan Gunawan.

Sebelum latihan praktik menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), para peserta mendapat paparan pelatihan dasar pemadaman api dan informasi seputar masalah kebakaran. Antara lain, soal penyebab kebakaran yang selama ini sering terjadi. Kemudian, tindakan awal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

Kasi Damkar BPBD Grobogan Sutrisno menyatakan, sangat senang dengan inisiatif dari pihak Satpol PP untuk memberikan pelatihan penanganan kebakaran. Sebab, dengan langkah itu para aggota Satpol PP setidaknya sudah punya bekal pengetahuan. Dan, diharapkan ketika ada musibah kebakaran di dekatnya mereka bisa membantu meminimalkan terjadinya korban yang lebih besar.

”Selama ini, sudah banyak instansi yang minta diadakan pelatihan. Terus terang kami sangat mengapresiasi inisiatif seperti ini,” ujarnya. (DANI AGUS/TITIS W)