Wuih, Panasnya Suhu Politik di SMAN 1 Jepara Tak Kalah dengan Pilkada Lho

 

Proses Pilkatos masih berlangsung di SMAN 1 Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Kz)

Proses Pilkatos masih berlangsung di SMAN 1 Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu Kz)

 

JEPARA – Pemilihan Umum  Ketua OSIS (Pilkatos) tingkat SMA se-Kabupaten Jepara dilaksanakan serentak pada Kamis (27/8/2015). Di SMA Negeri 1 Jepara, siswa antusias mengikuti Pilkatos ini. Bahkan, pada tahap seleksi awal bakal calon, tak kurang dari 150 bakal calon yang mendaftar. Kemudian disaring melalui beberapa tahapan seleksi dan memunculkan enam calon.

Salah satu panitia di SMA Negeri 1 Jepara Pandu Laksono Mukti menjelaskan, di sekolahnya memilih tiga calon ketua OSIS dan tiga calon wakil ketua OSIS. Dia mengemukakan, syarat untuk menjadi calon ketua adalah siswa kelas 11. Sedangkan calon wakil adalah siswa kelas 10.

“Ada tiga calon ketua dan tiga calon wakil ketua. Semuanya sama kuat,” kata Pandu kepada MuriaNewsCom, Kamis (27/8/2015).

Nur Fatimah, yang juga panitia Pelaksana Pilkatos SMA N 1 Jepara ini turut menambahkan, siswa di sekolahnya sangat antusias menyambut pemilihan ketua OSIS baru ini. Senin lalu di halaman SMA yang berlokasi di Jalan KS. Tubun Nomor 1 ini telah diselenggarakan kampanye terbuka.

“Setelah upacara hari Senin lalu, para calon bergantian menyampaikan orasi dan menyosialisasikan visi misinya di tengah-tengah lapangan. Kegiatan kampanye itu bagian dari tahapan dalam Pilkatos tahun ini,” terang Fatimah yang saat ini kelas 12 itu.

Di SMA N 1 pada hari pemungutan suara disediakan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lapangan sekolah. Untuk pemilihannya dilaksanakan secara bergantian untuk setiap kelasnya. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)