Melanggar Aturan, 2 Koperasi di Kudus Dapat SP 1

MuriaNewsCom

MuriaNewsCom

 

KUDUS – Pemkab Kudus sedang gencar memberikan pembinaan terhadap koperasi di Kudus, hal itu dilakukan, guna menjaga keterbukaan koperasi dengan anggota dan juga sehat tidaknya koperasi berjalan.

Ancaman yang diberikan juga bukan main-main. Hingga kini, dua koperasi sudah mendapatkan Surat Peringatan 1 karena telah melanggar aturan yang diberlakukan dalam pengelolaan koperasi.

Pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kudus bukan hanya gertakan saja. Dua koperasi tersebut juga dibina secara rutin, sama halnya dengan ratusan koperasi lainnya.

”Perkembangan koperasi di Kudus baik, sekarang jumlahnya menancapkan 526. Namun semakin banyak koperasi, maka semakin banyak pula yang harus dibina sehingga anggota juga aman,” kata Plt Dinas Perinkop dan UMKM Bambang Tri Waluyo kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, dua koperasi yang mendapatkan SP 1 berasal dari Koperasi besar, meski enggan menyebutkan nama koperasi yang di SP. Namun dia menceritakan Koperasi tersebut menyalahi aturan dengan tidak memberikan pinjaman kepada anggota.

”Jadi koperasi yang bermodal miliaran itu hanya memiliki anggota 11 saja. Padahal banyak yang menarik simpan pinjam disana. Ini sudah menyalahi aturan karena tidak memasukan anggota melainkan menjadi calon anggota, dan itu tidak diperbolehkan,” ungkapnya. (FAISOL HADI/TITIS W)