Usai Pungkruk Jepara Dibongkar, Penataannya Lagi Butuh Uang Banyak

Tampak desain Pungkruk diperlihatkan oleh Pemkab Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Tampak desain Pungkruk diperlihatkan oleh Pemkab Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Pemkab Jepara telah memantapkan komitmen untuk menata dan membangun Pungkruk sebagai kawasan wisata kuliner. Bahkan, desain bangunan yang telah dibuat ditaksir membutuhkan dana minimal Rp 12 miliar. Hal itu disampaikan Kabag Humas Setda Jepara Hadi Priyanto didampingi Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan (Ciptaruk) Jepara Ashar Ekanto, Senin (24/8/2015).

Menurut Hadi, rencananya dana tersebut akan diambilkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan akan mengajukan bantuan ke APBN. Meski demikian, lanjut Hadi, pembangunan masterplan yang sudah ada tidak mampu dibangun dalam waktu satu tahun saja.

“Paling tidak tiga atau empat tahun. Nanti dananya akan diambilkan di APBD dan kemungkinan minta bantuan ke pusat,” kata Hadi kepada MuriaNewsCom
Lebih lanjut dia mengemukakan, untuk awal ini angaran untuk Pungkruk sudah mulai dialokasikan di APBD tahun 2016 yang sampai saat ini masih dalam proses pembahasan di DPRD. Harapannya, pengajuan itu dapat disahkan dan di tahun 2016 nanti mulai dilakukan pembangunan. “Dari Dinas Ciptaruk sudah mengajukan sekitar Rp 1 miliar di APBD 2016,” kata Hadi. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)