Biar Dapat Rezeki Nomplok, Warga Langon Jepara Jatuh Bangun Panjat Gedebok Pisang

Warga berlomba memanjat gedebok pisang di Langon, Tahunan, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Warga berlomba memanjat gedebok pisang di Langon, Tahunan, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Warga Desa Langon, Kecamatan Tahunan, Jepara, menggelar kegiatan yang cukup unik dalam memperingati kemerdekaan RI ke-70. Mereka menggelar lomba penjat pohon pisang alias gedebok. Seperti layaknya lomba panjat pinang, panjat gedebok ini dilombakan oleh sejumlah peserta untuk sampai diujung gedebok yang telah disediakan berbagai hadiah.

Salah satu panitia kegiatan, Deddy mengatakan, meski tidak digelar tepat pada 17 Agustus kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Menurutnya, kegiatan ini mampu membuat keakraban antarwarga terutama pemuda di Desa Langon.

“Ini yang menggelar sebenarnya pemuda di RT 05 RW 03 Desa Langon. Tapi yang memeriahkan juga dari RT tetangga,” kata Deddy kepada MuriaNewsCom, Senin (24/8/2015).

Menurutnya, lomba panjat gedebok ini diikuti oleh enam peserta dengan dua gedebok. Masing-masing dibagi menjadi dua tim yakni tim A terdiri dari Arifin, Zainul dan Dona. Sedangkan tim B terdiri dari Solikul, Agung dan Faris.
“Kedua tim ini berlomba untuk cepat-cepat sampai diatas dan mengambil hadiah yang ada,” katanya.

Sementara itu, panitia lain yang juga memeriahkan lomba tersebut, Robi mengatakan, acara seperti ini sangat penting bagi kebersamaan pemuda di desa. Sebab, ada nilai keunikan tersendiri dan kegotong-royongan yang saat ini dinilai sudah sangat jarang.

“Harapannya setiap tahun bisa selalu menggelar kegiatan seperti ini,” imbuhnya. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)