Ada-Ada Saja, Dalang Tampil Edan di Grobogan Bikin Warga Lupa Tidur

Pentas dalang Joko Edan memukau warga Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Pentas dalang Joko Edan memukau warga Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Ribuan warga terpuaskan dengan penampilan apik yang disuguhkan dalang kondang Ki Joko Edan saat pentas di halaman Setda Grobogan, Jumat malam (21/8).

Hal itu setidaknya bisa dibuktikan dengan masih setianya penggemar wayang kulit menyaksikan pagelaran hingga usai.

“Kesempatan melihat pentas Joko Edan tidak setiap saat bisa didapat. Makanya, saya dan beberapa teman menyempatkan waktu untuk nonton,” ungkap Pratomo, warga Kecamatan Wirosari yang mengaku sebagai penggemar berat Joko Edan.

Meski sudah berusia 67 tahun, namun penampilan Joko Edan masih terlihat prima. Malam itu, dalang kelahiran Yogyakarta tersebut menyuguhkan pentas wayang kulit dengan lakon Bima Bekti atau Pendowo Kumpul. Sebuah cerita yang di dalamnya sarat pesan-pesan untuk berbuat kebaikan.

Pertujukkan wayang juga dimeriahkan dengan penampilan pelawak lokal, Rabies dan Ceplis. Guyonan pelawak dari Wirosari yang tampil menjelang tengah malam itu mampu menghilangkan kantuk penonton.

Pentas wayang kulit itu dibuka Wakil Bupati Grobogan Icek Baskoro. Hadir pula dalam acara itu, Ketua DPRD Sri Sumarni dan sejumlah pimpinan FKPD. Sejumlah pejabat dan anggota DPRD Grobogan ikut berbaur dengan warga menyaksikan jalannya pentas. (DANI AGUS/AKROM HAZAMI)