Si Cantik Rockita Ini Rela Bergelut dengan Sampah, Hayo Ngapain?

Rockita Melodya, siswi SMK Taman Siswa Kudus dengan hasil karyanya (MuriaNewsCom/ Edy Sutriyono)

Rockita Melodya, siswi SMK Taman Siswa Kudus dengan hasil karyanya (MuriaNewsCom/ Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Sebagian besar orang masih menganggap sampah hanya sebagai barang yang tak ada gunanya dan hanya dibuang begitu saja. Namun, bagi dara cantik yang satu ini, justru sampah menjadi sebuah karya seni yang luar biasa.

Adalah Rockita Melodya, siswi SMK Taman Siswa Kudus yang memanfaatkan sampah untuk dijadikan sebagai busana. Dengan kreatifitas yang dimiliki, sampah-sampah atau barang bekas disulapnya menjadi sebuah busana yang memiliki nilai seni tinggi.

Menurut desainer muda ini, banyak barang-barang bekas yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Namun, tak banyak orang yang mau dan peduli dengan barang bekas tersebut menjadi karya dan menjadi peluang bisnis.

”Jika setiap orang mau untuk melihat peluang, tentunya banyak barang-barang yang tak berguna bisa dimanfaatkan sebagai karya inovatif. Misalnya saja, bungkus minuman, bungkus jajanan yang terbuat dari plastik dan lain sebagainya,” katanya.

Dirinya mengatakan, semangat untuk mengolah dan berkreasi melalui barang-barang bekas tersebut, mencoba ditularkan kepada teman-teman di sekolah. Sehingga, ke depan banyak generasi muda yang semakin kreatif.

Untuk di sekolah, katanya, dirinya beberapa kali juga pernah mengikuti perlombaan daur ulang sampah. Dari kegiatan tersebut, dirinya pernah menyabet juara satu. Bahkan, beberapa even lain, busana hasil karyanya pernah ikut ditampilkan. (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)