Peningkatan UMKM di Kudus Makin Tinggi

Ilustrasi

Ilustrasi

 

KUDUS – Plt Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kudus Bambang Tri Waluyo mengatakan, selama beberapa tahun terakhir ini, UMKM di Kudus meningkat pesat. Hal itu disebabkan kesadaran masyarakat dalam membuka usaha, dibandingkan dengan menjadi karyawan.

”Data yang kami miliki, sekitar 11 ribuan lebih, jumlah tersebut mulai dari 2014 lalu hingga 2015,” katanya kepada MuriaNewsCom, Selasa (18/8/2015).

Menurutnya, pada 2013 jumlah UMKM di Kudus mencapai 11.659 UMKM. Jumlah tersebut sangat meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di 2012, yang hanya 1.500 UMKM saja.

Menurutnya, jumlah di 2012 juga mendapat peningkatan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di 2010, yang jumlah UMKMnya hanya sekitar 9000-an saja. Pihaknya yakin, dalam tahun-tahun berikutnya, UMKM Kudus terus meningkat.

Dia mengatakan, UMKM di Kudus dibagi menjadi beberapa kelompok. Mulai dari kelompok mikro, dengan modal dibawah Rp 50 juta, kemudian UMKM kecil. UMKM menengah dan pengusaha golongan besar.

”Kebanyakan yang terdapat di Kudus adalah kelompok UMKM mikro, didominasi para PKL yang berada di Kudus. Jadi PKL juga kami data dalam jajaran UMKM. Hanya saja mengenai jumlah persisnya kami tidak mengetahui, karena berada dalam kawasan Dinas Dagsar,” imbuhnya. (FAISOL HADI/TITIS W)