Santri di Kajen Rayakan Kemerdekaan dengan Panjat Pinang

Panjat pinang yang berlangsung di Ponpes Majlis Ta'lim Alhikmah, Kajen, Margoyoso. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Panjat pinang yang berlangsung di Ponpes Majlis Ta’lim Alhikmah, Kajen, Margoyoso. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Sejumlah santri Pondok Pesantren Majlis Ta’lim Alhikmah, Kajen, Margoyoso menggelar panjat pinang untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-70, Senin (17/8/2015). Peserta terdiri dari 10 kelompok yang mewakili masing-masing kamar yang ada di pesantren tersebut.

Sementara itu, satu kelompok terdiri dari empat orang yang memperebutkan beragam hadiah, seperti pakaian, minuman ringan, dan satu buah dispenser yang dipasang di bambu dengan ketinggian 10 meter.

“Alhamdulillah, acara berlangsung meriah dan cukup menghibur untuk kalangan santri di Ponpes. Panjat pinang merupakan tradisi yang biasa dilakukan warga Indonesia saat merayakan Hari Kemerdekaan,” ujar Nashiruddin, salah satu santri saat dimintai keterangan MuriaNewsCom.

Ia menambahkan, tradisi tersebut memang oleh sebagian orang dianggap tidak punya relevansi dengan Hari Kemerdekaan. Namun, ia menganggap, panjat pinang merupakan simbol persatuan dan kesatuan untuk mencapai visi dan misi bersama dalam satu frame, yaitu Indonesia. (LISMANTO/KHOLISTIONO)