Apa Sih Makna Panjat Pinang? Ini Kata Santri Kajen

Suasana panjat pinang yang digelar santri Pondok Pesantren Majlis Ta'lim Alhikmah, Kajen, Margoyoso, Senin (17/8/2015). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Suasana panjat pinang yang digelar santri Pondok Pesantren Majlis Ta’lim Alhikmah, Kajen, Margoyoso, Senin (17/8/2015). (MuriaNewsCom/Lismanto)

PATI – Panjat pinang yang digelar sejumlah santri di Pondok Pesantren Majlis Ta’lim Alhikmah, Kajen, Margoyoso, Senin (17/8/2015), ternyata menyimpan makna tersendiri. Tak sekadar seremonial dengan gegap gempita, panjat pinang memiliki makna yang visioner.

Hal ini disampaikan Nashiruddin, salah satu santri di ponpes tersebut. Menurutnya, panjat pinang mengajarkan untuk bekerja keras dalam menggapai cita-cita.
“Tak ada yang mudah untuk menggapai cita-cita. Semua butuh kerja keras dan jatuh bangun seperti memanjat pinang. Setelah bersusah payah, suatu saat cita-cita yang tinggi sekalipun pasti tergapai,” ujarnya kepada MuriaNewsCom.

Selain itu, kata dia, panjat pinang menjadi satu simbol persatuan dan kesatuan untuk menggapai satu tujuan, yaitu kesejahteraan dan kemakmuran Indonesia. “Setiap warga Indonesia harus mencintai dan memajukan Indonesia. Tanpa satu rasa persatuan dan kesatuan seperti panjat pinang, cita-cita Indonesia akan susah tergapai,” katanya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)