Daenuri : Jangan Tunda Serahkan Surat Keterangan Pindah

Daenuri, Kepala Dindukcapil Kabupaten Rembang. (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

Daenuri, Kepala Dindukcapil Kabupaten Rembang. (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

 

REMBANG – Daenuri, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang mengimbau kepada para pemegang surat pindah agar tidak berlama-lama membawa surat keterangannya. Sebab masa aktif surat keterangan pindah hanya berlaku selama 30 hari. Jika melebihi batas ketentuan tersebut maka surat pindah itu dinyatakan hangus alias tidak berlaku. Imbauan ini diberikan seiring membludaknya permintaan surat pindah ke luar daerah lain.

”Pada Juli kemarin jumlah pemohon surat pindah mencapai 350 pemohon, untuk itu kami minta agar setelah surat keterangan pindah kita keluarkan, pemohon jangan sampai menunda-nunda menyerahkannya kepada pihak dinas kependudukan di daerah tujuan. Sebab surat keterangan pindah itu hanya berlaku 30 hari sejak tanggal diterbitkan,” ujar Daenuri, Rabu (12/8/2015).

Daenuri mengatakan warga Rembang yang akan pindah ke kabupaten lain, wajib melampirkan sejumlah persyaratan seperti surat keterangan dari desa, kecamatan, biodata penduduk, kartu keluarga, dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Menurutnya, dokumen yang sama juga diminta oleh puluhan orang yang pindah datang di Kabupaten Rembang.

”Terhadap mereka yang pindah datang di Kabupaten Rembang, kami akan mengecek berkas secara teliti. Sebab kita tidak ingin kecolongan, termasuk motif pindah kependudukan terkait urusan Pilkada. Kami akan teliti dan hati-hati, meski kami pun tidak pernah tanya soal kepentingan itu (pilkada-red.),” kata Daenuri. (AHMAD FERI/TITIS W)