Siswa SMP di Kudus Ingin Saingi TNI

Kegiatan PBB dilakukan siswa SMP2 Dawe, Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

KUDUS – Tidak hanya TNI maupun polisi yang bisa melakukan sikap bela negara. Siswa juga bisa melakukan hal itu.

Siswa melakukan bela negara bukan perkara mudah. Karena, sekolah harus serius mendidik siswanya agar mampu menjadi pembela negara.

Hal itulah yang ditunjukkan siswa SMP 2 Dawe. Sekolah tersebut kerap berkoordinasi dengan TNI maupun polisi dalam mendidik putra-putrinya menumbuhkan sikap tersebut.

Salah satu siswa Nur Rois menjelaskan, sikap membela negara itu bukan harus menjadi TNI atau polisi lebih dulu. Akan tetapi sikap itu bisa tumbuh lantaran bisa membela negara dengan berbagai hal.

Timbuhnya sikap itu bisa dilakukan, seperti menjuarai lomba, belajar dengan giat, serta bersungguh sungguh atau tanggung jawab dalam tugas sekolah sekolah.

“Selain di bidang akademik, bela negara juga bisa melalui tanggung jawab dari sebuah kegiatan. Sepertri halnya latihan pasukan baris berbaris ini. Latihan tersebut harus didasari kekompakan, ketepatan waktu dan tanggung jawab,” ujarnya.

Wakil Kepala SMP 2 Dawe, Fatimah mengatakan, siswa bisa melatih jiwanya untuk bela negara. “Memang saat ini kita lakukan pendidikan itu.

Seperti dengan siswa melakukan kegiatan OSIS, dan pramuka. Akan tetapi dalam pelaksanaanya kita fokuskan di jam seusai sekolah,” ungkapnya.

Meurutnya, dalam pelaksanaan yang digelar sesusai pulang sekolah tersebut nantinya akan bisa maksimal. Sebab tidak akan mengganggu waktu belajar. (EDY SUTRIYONO/AKROM HAZAMI)