Wisatawan Jepara Membludak, Aparat Buat Rekayasa Lalin

Pengunjung membludak di tempat-tempat wisata di Kabupaten Jepara, aparat membuat skema arus satu arah, Sabtu (25/7/2015). (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

JEPARA – Pengunjung atau wisatawan yang datang dari dalam dan luar kota Jepara ke sejumlah tempat wisata di Kabupaten Jepara membludak sejak pekan lebaran hingga hari ini, Sabtu (25/7/2015). Untuk mengatasi kemacetan, aparat dari kepolisian dan dinas perhubungan membuat rekayasa lalu lintas dengan skema jalur satu arah.

Kasatlantas Polres Jepara AKP Andhika Wiratama menerangkan, pihaknya membuat skema arus satu arah di sejumlah arah ke tempat wisata di Jepara, terutama di tempat wisata Pantai Bandengan dan Kartini. ”Jika pada hari biasa jalur masuk ke tempat wisata dapat dilalui dua arah, maka untuk momen pekan Syawalan dan tradisi Lomban ini kami atur untuk satu arah,” ujar Andhika.

Dia menjelaskan, arus searah untuk jalur masuk Pantai Kartini melalui pertigaan Bulu hingga memasuki pintu masuk. Bila pengunjung wisata meninggalkan lokasi pantai melalui pintu keluar dan wajib belok ke kiri melalui jalan Cik Lanang. ”Ini dilakukan agar pengunjung wisata yang membeludak tak terjadi kemacetan,” katanya.

Sedangkan di Pantai Bandengan, pengunjung wisata dapat melalui Kelurahan Bulu dengan mengikuti petunjuk arah yang disiapkan. Jalur tersebut menyambung hingga pertigaan Stadion GBK, terus ke arah utara hingga ke arah Pantai Bandengan. Sedangkan pengunjung wisata yang keluar meninggalkan area wisata, dapat melalui jalan Desa Kedungcino hingga jalur utama. ”Kami telah menempatkan navigasi di lokasi-lokasi strategis seperti di perempatan dan pertigaan. Misalnya di pertigaan Bulu,” imbuhnya.

Pihaknya menempatkan pula puluhan hingga ratusan personel untuk mengatur lalu lintas. Ini untuk mengurai apabila terjadi kemacetan. (WAHYU KZ/TITIS W)