Masyarakat Blora Mulai Memburu Janur

Janur (e)

Sejumlah pembeli janur nampak sedang memilih janur yang tidak banyak dijual di Pasar Induk Blora, Selasa (21/7/15). (MURIANES/PRIYO)

BLORA –  Menjelang Lebaran Ketupat, harga janur kelapa di sejumlah pasar di Kabupaten Blora cukup mahal. Satu ikat berjumlah 10 helai janur dijual Rp 3 ribu, sedangkan satu ikat yang terdiri 50 helai janur dihargai Rp 15 ribu. Mahalnya janur tersebut dikarenakan wilayah Blora sulit sekali mendapatkan janur.”Pohon kelapa di Blora sangat jarang, sehingga membuatnya langka dan harganya cukup mahal dibanding kota lain. Setiap pedagang menjajakan satu ikat yang terdiri dari 10, 20 hingga 50 helai janur, ” jelas Suhartini salah satu pedagang janur di pasar Blora, Selasa (21/7/15).

Menurutnya, janur yang dijual itu diambil dari daerah Rembang, Lasem, hingga Tuban. ”Biasanya untuk pembeli yang akan dijual lagi, untuk 20 helai kami beri harga Rp 5 ribu, namun untuk yang digunakan pribadi kami beri harga Rp 3 ribu untuk 10 helai janur,” ungkapnya.

Ia menjelaskan saat ini ada peningkatan harga janur dan harga ketupat jadi. Kenaikannya sekitar Rp 1000. Harga janur bisa naik lagi, ketika menjelang hari H pada Lebaran Ketupat yang jatuh pada Jumat (24/7/15) mendatang. ”Setiap menjelang Lebaran Ketupat biasanya harga janur per helainya mencapai hingga Rp 1000. Sedangkan untuk harga ketupat jadi, berkisar 5000 per/10 buah,” terangnya. (PRIYO/TITIS W)