Kudus Macet Total

Jpeg

Jpeg

KUDUS – Malam idul fitri, terjadi kemacetan di sepanjang jalan di Kudus. Hal itu terjadi lantaran hampir semua warga Kudus merayakan aktifitas takbir keliling.

Seperti halnya di sepanjang jalan Kudus Jepara, berdasarkan pantauan MuriaNwsCom jalur mulai Desa Kedundowo hingga simpang tujuh macet parah.

Banyak masyarakat yang menggunakan kesempatan malam ini untuk takbir keliling. Akibatnya, jalan yang terbatas tersbeut sesak dipenuhi peserta takbir keliling.

Selain di jalan Kudus jepara hingga simpang tujuh. Daerah lain di sekitar Desa Panjang juga mengalami kondisi yang agak longgar. Hanya, tidak lama setelah itu peserta takbir keliling juga memadati daerah tersebut dari arah utara dan timur.

Banyaknya peserta takbir keliling nampaknya kurang menghiraukan sekitar. Banyak diantarkan mer3ka yang malah menerobos lampu meriah, seperti yang terjadi di perempatan Peganjaran.

Tidak adanya petugas kepolisian di daerah tersbeut juga menjadi faktur yang membuat warga nekad melakukan hal semacam itu.

Selain itu, simpang tujuh malah mengalami macet parah. Banyaknya peserta takbir keliling yang menggunakan kaset berniat memasuki simpang tujuh semuanya.

Munir, seorang peserta takbir keliling asal Desa Garung lor menjelaskan, rombongan dari desanya diarahkan mengitari kudus, dengan tujuan utama juga melintasi simpang tujuh.

Sekian itu, terdapat pula masyarakt yang lebih memilih menggunakan takbir keliling dengan mengitari kampung halaman dengan perlombaan tingkat Rt.

“Kani menggunakan kegiatan semacam ini tiap tahun. Dan setiap tahun pula masyrakat sangat senang dengan kegiatan semacam ini, jadi pasti kami adakan setiap tahunnya,” ujar panitia traveling desa Sidorekso Kaliwungu M Giok. (FAISOL HADI)