Meriahkan Takbir Keliling, Warga di Pati Ramai Bikin Beragam Replika

Beberapa orang sedang membuat replika ikan dengan ukuran besar (MuriaNewsCom/KHOLISTIONO)

Beberapa orang sedang membuat replika ikan dengan ukuran besar (MuriaNewsCom/KHOLISTIONO)

PATI – Pada malam Hari Raya Idul Fitri, hampir seluruh desa yang ada di Kabupaten Pati diadakan takbir keliling. Pada kegiatan ini, biasanya setiap Dukuh dan Musala ikut menjadi peserta takbir keliling.

Takbir keliling, akan lebih meriah dengan adanya beragam kreatifitas yang dibuat masing-masing Dukuh. Berbagai replika hewan, tokoh, tempat ibadah ataupun alat transportasi dengan ukuran besar, akan diarak mengelilingi desa ataupun kecamatan.

Bukan hanya itu saja, peserta takbir keliling juga akan membawa berbagai aksesoris lainnya untuk bisa tampil menjadi yang terbaik. Seperti halnya, lampion yang dibuat dengan berbagai bentuk dan warna.

Salah satu desa yang kini juga tak mau ketinggalan untuk ikut menjadi peserta takbir keliling adalah Dukuh Ndoti, Desa Wedusan, Kecamatan Dukuhseti.

”Persiapan kita sudah hampir 90 persen. Replika ikan yang kami buat dengan ukuran besar juga hampir siap. Hanya tinggal melengkapi di beberapa bagian saja,” ujar Abdul Rois, salah satu panitia kegiatan takbir keliling.

Meski untuk berbagai replika yang dibuat tersebut dilombakan, namun, pihaknya tidak terlalu berharap untuk bisa tampil menjadi juara. ”Yang paling penting adalah, kita bisa ikut memeriahkan takbir keliling,” katanya. (KHOLISTIONO)