Pramuka Ambil Bagian Amankan Pos Lebaran

Pramuka Ambil Bagian (e)

Pos di kawasan Shoping Center Jepara menjadi salah satu pos yang dihuni pramuka. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

JEPARA – Pramuka yang tergabung dalam Kwarcab Jepara turut serta mengamankan ketertiban dan kelancaran perayaan lebaran. Sejumlah anggota Kwarcab diikutkan menjadi anggota keamanan di pos yang didirikan di sejumlah titik di Kabupaten Jepara.Ketua Kwarcab Pramuka Jepara Suliyono mengatakan, untuk mengatur kelancaran lalulintas dan ketertiban jalan, pihaknya menerjunkan anggotanya untuk turut serta membantu petugas kepolisian, Dishubkominfo, dan petugas kesehatan pemantau arus mudik di pos pemantau. Khususnya di pos-pos yang berada di dekat pasar tradisional.

”Setiap pos pemantau arus mudik terdapat anggota Pramuka secara bergantian yang turut membatu mengatur kelancaran lalulintas,” kata Suliyono kepada MuriaNewsCom, Senin (13/7/2015)

Lebih lanjut dia mengemukakan, penempatan anggota pramuka diantaranya di pos pemantauan Pasar Mayong, Kalinyamatan, dan yang lainnya. Bahkan, tak hanya di dekat pasar, namun juga di kota yakni di kawasan Shoping Center Jepara.

”Anggota Pramuka ikut membantu mengatur lalulintas agara jalan tidak macet. Itu seperti menyebrangkan jalan dan membantu yang lainnya,” ujar Suliyono.

Lebih lanjut Suliyono juga menerangkan, keikutsertaan Pramuka dalam menciptakan ketertiban dan kelancaran di jalan raya selama musim arus mudik dan balik lebaran tahun ini, merupakan bagian dari pengamalan dasa darma Pramuka. Dimana salah satu butir dasa darma menyebutkan, Pramaka itu cinta alam dan kasih sayang kepada manusia.

”Kemudian dasa darma Pramuka butir kelima berbunyi, rela menolong dan tabah. Jadi kesempatan ini bagan dari mengamalkan dasa darma Pramuka itu sendiri,” imbuhnya. (WAHYU KZ/SUPRIYADI)