Rembang Waspada, 15 Desa Dilanda Bencana Kekeringan

Rembang Waspada, 15 Desa Dilanda Bencana Kekeringan (e)

BPBD Kabupaten Rembang saat menyalurkan bantuan air bersih belum lama ini. Hingga Jum’at (10/7/2015) sudah ada sekitar 15 desa yang dilanda bencana kekeringan di musim kemarau tahun ini. (MuriaNewsCom/Ahmad Feri)

REMBANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang mulai bersiap menyalurkan bantuan air bersih. Sebab sudah ada 15 desa yang tersebar di empat kecamatan yang mulai dilanda bencana kekeringan di musim kemarau tahun ini. Empat kecamatan di Rembang yang sudah dilanda kekeringan sebagai dampak El Nino moderat adalah Sulang, Bulu, Sumber, dan Sale.ā€¯Berdasaran hasil pendataan kami di lapangan, saat ini ada empat kecamatan yang sudah kekeringan. Total ada 15 desa yang kekeringan. Bantuan akan segera kami kucurkan setelah berembug dengan PDAM. Khusus di Kecamatan Sumber sudah termasuk parah, karena kekeringan sudah melanda 10 dari total 18 desa yang ada,” ujar Harjono, Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Rembang, Jumat (10/7/2015).

Harjono menyebutkan, selain di Sumber, kekeringan juga melanda masing-masing dua desa di Kecamatan Sulang dan Bulu, serta satu desa di Kecamatan Sale. Dia mengaku belum bisa memastikan, kuota bantuan air bersih ke setiap desa. Namun sesuai pengalaman tahun sebelumnya, setiap desa akan menerima bantuan sesuai dengan kebutuhan mendesaknya. Harjono menyatakan tidak berani memastikan kapan bantuan disalurkan, karena menunggu instruksi Bupati.

“Terkait berapa kuota bantuan air per desa kami masih harus melihat kebutuhannya. Kalau mendesak dan kami pastikan benar, maka akan langsung kita kirim. Setelah nanti kami menerima surat pernyataan perihal kekeringan dari Bupati, maka akan langsung kita salurkan bantuan. Data tentang desa-desa yang kekeringan ini merupakan hasil kroscek dari BPBD,” kata Harjono. (AHMAD FERI/SUPRIYADI)