Pasokan Batubara PLTU Tanjung Jati B Diklaim Aman, Lebaran Listrik Dijamin Terang Benderang

PLTU Tanjung Jati B Jepara. Suplay batubara diklaim aman hingga 40 hari ke depan (MuriaNewsCom/WAHYU KZ)

PLTU Tanjung Jati B Jepara. Suplay batubara diklaim aman hingga 40 hari ke depan (MuriaNewsCom/WAHYU KZ)

JEPARA – Menjelang perayaan Idul Fitri tahun 1436 H ini, PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B Jepara menyatakan, suplai batubara untuk operasional mesin mencukupi dan lancar. Hal itu disampaikan General Manager PLTU Tanjung Jati B Jepara, Suwarno.

Menurutnya, pasokan batubara sampai saat ini masih lancar. Bahkan, kata Suwarno stok yang ada saat ini, masih cukup hingga 40 hari kedepan. Sehingga untuk produksi listrik hingga lebaran, pihaknya menjamin tetap lancar.

”Mengenai kendala cuaca, khususnya gelombang tinggi, kami sudah berkordinasi dengan pihak pengirim. Memang sejauh ini pengiriman masih lancar. Pengiriman batubara hanya libur sehari, saat hari lebaran, kemudian tetap seperti hari biasa,” ujar Suwarno kepada MuriaNewsCom, Jum’at (10/7/2015).

Lebih lanjut, Suwarno mengemukakan, untuk empat unit pembangkit, PLTU Tanjung Jati B membutuhkan amunisi batubara sebanyak 20 ribu ton/hari. Sedangkan khusus lebaran ini, pihaknya hanya membutuhkan sekitar setengahnya saja lantaran dua unit diliburkan.

”Dan sejauh ini, tidak ada masalah dengan lahan penampungan batubara. Sebab lahan yang ada masih bisa menampung batubara untuk amunisi pembangkit hingga 60 hari,” imbuhnya. (WAHYU KZ/KHOLISTIONO)