Tongtek Jadi Metode untuk Antisipasi Pencurian Motor

 

Tongtek Jadi (e)

Sejumlah warga Perumahan Griya Kusuma Indah, Dukuh Rendole, Desa Sidomukti, Kecamatan Margorejo menggelar tongtek, Sabtu (27/6/2015) dini hari. (MURIANEWS/LISMANTO)

PATI – Tradisi tongtek untuk membangunkan warga agar segera bangun dan sahur, kini menjadi salah satu metode untuk mengantisipasi tindakan kriminal. Salah satunya, pencurian sepeda motor.Kabag Ren Polres Pati Wiyanto mengatakan, sahur memang menjadi waktu paling rawan terhadap pencurian sepeda motor. ‚ÄĚKami berharap masyarakat bisa waspada saat sahur. Jangan sampai lengah,” ujarnya kepada MuriaNewsCom, Sabtu (27/6/2015).

Ia juga berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan tradisi tongtek untuk mengantisipasi pencurian sepeda motor selama Ramadan. “Kalau hari biasa, pencurian sepeda motor rawan pada siang dan malam hari. Sekarang, sahur dan buka puasa. Kami berharap warga Pati bisa waspada,” imbuhnya.

Sementara itu, Imam Sayidi, warga Perumahan Griya Kusuma Indah, Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo mengaku sudah memanfaatkan tradisi tongtek untuk mengantisipasi adanya pencurian. “Alih-alih membangunkan warga untuk sahur, kami sudah memanfaatkan untuk keamanan,” tandasnya. (LISMANTO/SUPRIYADI)