Puskesmas II Sarang Bakal Beroperasi Mulai 2016

Ali Syofi'i, Kepala Dinkes Kabupaten Rembang. (MuriaNewsCom/AHMAD FERI)

Ali Syofi’i, Kepala Dinkes Kabupaten Rembang. (MuriaNewsCom/AHMAD FERI)

REMBANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang optimistis bahwa Puskesmas Sarang II bakal resmi beropoerasi pada 2016 mendatang. Saat ini, Puskesmas yang berada di pinggir jalur pantura, Desa Kalipang, Kecamatan Sarang itu tengah mengurus sejumlah izin penting sebelum membuka pelayanan kepada masyarakat.

“Ada dua izin yang harus ditempuh, sebelum Puskesmas tersebut membuka pelayanan. Yang pertama mengurus izin operasional dan saat ini masih terus berlangsung. Begitu sudah beres, baru bisa melakukan registrasi ke Kementerian Kesehatan,” ujar Ali Syofi’i, Kepala Dinkes Kabupaten Rembang, Sabtu (27/6/2015).

Ali Syofi’i mengaku belum berrencana merekrut tenaga baru untuk mengisi personel dokter, bidan maupun perawat di Puskesmas Sarang II. Menurutnya, ada cara sementara yang bisa ditempuh, yakni dengan mengambil tenaga yang sudah ada dari Puskesmas di kecamatan lain. Dia menyebutkan ada sekitar 30 tenaga yang dibituhkan di Puskesmas baru tersebut.

“Begitu pula dengan alat kesehatannya, bisa bon pinjam dulu dari Puskesmas lain, untuk pelayanan minimal. Baru setelah tahun 2016, dilengkapi secara bertahap. Saat ini juga masih ada pekerjaan rumah lainnya yang belum tuntas, yakni penataan lingkungan, berupa pemasangan pagar dan paving. Namun penganggarannya akan diusulkan melalui APBD Perubahan 2015,” kata Ali Syofi’i. (AHMAD FERI/KHOLISTIONO)