Usaha Bulu Mata Mulai Dilirik Masyarakat Blora

Beberapa pekerja sedang merangkai kerajinan bulu mata (MURIANEWS/PRIYO)

Beberapa pekerja sedang merangkai kerajinan bulu mata (MURIANEWS/PRIYO)

BLORA – Beberapa daerah di Blora kini mulai ada perkembangan mengenai usaha bulu mata. Meski masih sedikit, namun usaha ini sudah mulai dilirik masyarakat Blora. Salah satunya di Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon.”Usaha ini sudah berdiri kurang lebih tiga tahun. Untuk pemasarannya, kami kirim langsung ke Purbalingga yang memang sudah ada kerjasama sejak awal,” ujar Titik Setyowati, pemilik usaha bulu mata di Tempellemahbang, Selasa(23/6/2015).

Menurutnya untuk bahan baku bulu mata merupakan rambut asli, yang biasanya dibeli dari Purbalingga. Bahan baku yang didatangkan dari Purbalingga tersebut sudah standar ekspor. ”Bahan baku rambut memang tidak bisa seenaknya. Kalau tak standar, tentu tidak akan kami terima. Karena, bahan baku memang sangat pengaruh,jadi bahan baku sendiri harus memiliki kualitas yang bagus,” katanya.

Untuk pembuatan kerajinan bulu mata, katanya, tidaklah sulit.Yang diperlukan hanya ketelitian. ”Tidak sulit, yang penting ada di keterampilan tangan dan yang lebih penting bisa sabar dan teliti,” ungkapnya. (PRIYO/KHOLISTIONO)