Di Pasar Tradisional Blora Ditemukan Ikan Berformalin yang Berasal dari Pati

f-formalin (e)

Petugas Dinkes Blora menunjukan hasil pengecekan cepat pada ikan yang mengandung formalin. (MURIANEWS/PRIYO)

BLORA – Sidak yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora di pasar tradisional Jepon menemukan adanya ikan laut yang mengandung formalin yang dijual oleh salah satu pedagang.”Dari beberapa lapak penjualan ikan laut yang kami periksa, ada salah satu lapak pedagang yang mengandung bahan pengawet,” ujar Seksi Pengawasan Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Teguh Prasetyandaru, Selasa(23/6/2015).

Menurut keterangan pedagang, ikan tersebut merupakan kiriman dari salah satu Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang berada di Juwana,Kabupaten Pati. Hal tersebut terungkap, setelah dilakukan pengecekan cepat dengan cara Food Security Test.

”Tidak semua ikan berformalin,hanya ada satu jenis ikan yang mengandung formalin. Jenis ikan tersebut yaitu ikan Terinasi yang sudah kami lakukan pengecekan cara cepat,” katanya.

Dari temuan tersebut, pihaknya memberi teguran kepada penjual untuk tidak menjualnya ikan tersebut. Selain itu,pihaknya juga mengimbau kepada pembeli untuk lebih berhati-hati dalam membeli barang apapun.

”Kami hanya memberi teguran pertama, namun jika kami masih menemukan ada ikan yang dijual dengan berbahan pengawet formalin, kami akan tegur lagi.Selanjutnya akan kami tutup lapak serta penjual akan dipidakan,” ungkapnya. (PRIYO/KHOLISTIONO)