Engga: Kelelahan Itu Lumrah

Engga Setiawan, Pelatih Kategori Pemula Putra PB Djarum. (MURIANEWS/IQBAL NA’IMY)

Engga Setiawan, Pelatih Kategori Pemula Putra PB Djarum. (MURIANEWS/IQBAL NA’IMY)

KUDUS – Meski mengikuti program latihan selama Ramadan, para atlet PB Djarum memang jarang mengalami cedera. Meski begitu, banyak di antaranya mengalami kelelahan. Hanya hal itu dianggap wajar, karena kondisi tubuh yang berkurang karena puasa.“Kalau cedera, tidak pernah. Karena mereka sudah terbiasa, jadi tak pernah terjadi apa-apa sampai saat ini,” ujar Engga Setiawan, pelatih kategori pemula putra PB Djarum kepada murianews.com, Senin (22/6/2015).
Pria 25 tahun ini menyampaikan, kelelahan memang biasa terjadi pada atlet. Tapi hal itu biasa dialami saat sesi latihan dalam cabang olahraga manapun.
”Di bulan biasa pun atlet sering mengalami kecapaian. Jadi tak ada alasan dengan puasa,” lanjut pria yang aktif menukangi atlet PB Djarum Jati sejak 2011 silam.
Di bulan puasa pun, sesi latihan dimodifikasi sedemikian rupa. Ada beberapa regu yang jadwal latihannya diganti dari sore menjadi malam setelah buka puasa.
Engga yang asal Surakarta ini sendiri tetap melatih sekitar 14 atlet muda dibawah bimbingannya dalam kondisi menjalankan ibadah puasa. (IQBAL NA’IMY/SUPRIYADI)