Selama Ramadan, Satpol PP Jepara Bakal Amankan Pengemis dan Orang Jalanan

Trisno Santosa, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jepara. (MURIANEWS/WAHYU KZ)

Trisno Santosa, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jepara. (MURIANEWS/WAHYU KZ)

JEPARA – Mengantisipasi seperti tahun-tahun sebelumnya di bulan Ramadan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jepara bakal mengamankan dan menertibkan keberadaan pengemis dan orang jalanan.Kepala Satpol PP Jepara Trisno Santosa mengatakan, menjelang datangnya bulan suci Ramadan, Kabupaten Jepara biasanya diserbu pengemis dari luar kota. Seperti pengemis dari Pati, Kudus, dan Demak. Lokasi sasaran mangkal para pengemis di masjid-masjid dan pasar modern dan tradisional serta di jalanan.

Untuk mengantisipasi serbuan pengemis dari luar kota, Trisno melanjutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten tetangga, seperti Kudus dan Pati, untuk tidak saling membuang pengemis.

”Tidak hanya pengemis, tetapi juga orang gila dan anak punk yang kedapatan berkeliaran di jalan-jalan selama Ramadan juga akan ditertibkan,” ujar Trisno kepada murianews.com, Selasa (16/6/2015).

Meski demikian, pihaknya menyatakan masih memberikan sedikit toleransi bagi pengemis yang meminta-minta di kawasan masjid. Sebab, jika diamankan, pihaknya khawatir akan ada pro dan kontra. (WAHYU KZ/TITIS W)