Hilal Masih Belum Tampak di Pantai Kartini

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meneropong hilal di pantai Kartini Jepara, Selasa (16/5/2015). Dalam rukyatul hilal tersebut, bulan sabit belum bisa dilihat.  (MURIA NEWS/WAHYU KZ)

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi meneropong hilal di pantai Kartini Jepara, Selasa (16/5/2015). Dalam rukyatul hilal tersebut, bulan sabit belum bisa dilihat. (MURIA NEWS/WAHYU KZ)

JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara melalui Kementerian Agama setempat menggelar sidang isbat rukyatul hilal di pantai Kartini Jepara, Selasa (16/6/2015) sekitar pukul 17.20 WIB.Agenda ini digelar bekerjasama dengan Lajnah Falakiyah Unisnu Jepara. Hadir dalam kesempatan ini sejumlah pejabat Pemkab Jepara, ormas Islam, dan masyarakat umum, bahkan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.
Marzuqi yang juga turut meneropong mengatakan, dirinya belum dapat melihat hilal melalui teropong yang disediakan panitia. ” Belum bisa lihat. Justru yang kelihatan kapal yang di laut,” kata Marzuqi.
Hal senada juga dikatakan salah satu warga Jepara, Sutarta. Menurutnya, hilal belum terlihat oleh kasat mata. Dia juga mengatakan hanya melihat lautan luas dan awan.
Sementara itu, Kepala Kemenag Jepara M Muhdi mengatakan, setelah dilakukan rukyatul hilal melalui teropong, semua saksi dan para hadirin telah ditanya dan dijawab secara serentak bahwa tidak ada yang melihat hilal. ” ini dikarenakan masih di bawah ufuk, dan tertutup awan,” kata Muhdi.
Dengan hasil ini dipastikan bahwa besok pagi, Rabu (17/6/2015) belum masuk bulan Ramadan. Sehingga puasa belum bisa dilakukan. (WAHYU KZ/SUWOKO)