Desa Pecangaan Kulon Miliki Perpustakaan Kuncup Mekar

Wakil Bupati Jepara Subroto meninjau lokasi Perpustakaan Desa di Desa Pecangaan Kulon. (MURIA NEWS/WAHYU KZ)

Wakil Bupati Jepara Subroto meninjau lokasi Perpustakaan Desa di Desa Pecangaan Kulon. (MURIA NEWS/WAHYU KZ)

JEPARA – Desa Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan memiliki Perpustakaan Desa (Perpusdes) yang diberi nama Kuncup Mekar. Perpustakaan ini menggelar kegiatan Stakeholder Meeting Perpustakaan.
Kepala Desa atau Petinggi Desa setempat Suwignyo menjelaskan, Perpusdes ini selain tempat untuk membaca buku juga sebagai sarana terdekat masyarakat dan pusat kegiatan pelibatan masyarakat.β€œIni bertujuan agar dapat mencapai sebuah keberlanjutan, tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat,” ujar Suwignyo, Selasa (16/6/2015)
Perpusdes Kuncup Mekar ini tidak hanya terdapat buku yang tersusun di rak – rak, seperti bayangan masyarakat ketika mendengar kata Perpustakaan. Perpustakaan kecil yang berlokasi di belakang balai desa ini juga tersedia fasilitas dan kegiatan pelatihan didalamnya. Misalnya, komputer yang tersambung dengan internet, serta terdapat karawitan dengan alat yang cukup lengkap.
Selain itu, Perpusdes Kuncup Mekar mengadakan pelatihan-pelatihan terhadap masyarakat sekitar berupa pelatihan pembuatan abon dengan bahan dasar duri ikan, pelatihan lukis kaca, pelatihan membuat hantaran pernikahan dan kedepan akan ditingkatkan dengan menambah pelatihan desain berbasis komputer dan internet. (WAHYU KZ/SUWOKO)