Sore Ini, Pedagang di Kawasan Wisata Sunan Muria Gelar Tasyakuran

Budiyono, Wakil Ketua Paguyuban Pedagang Pemilik Kios dan Warung (P3KW). (MURIANEWS/HANA RATRI)

KUDUS – Sore nanti selepas Ashar, para pedagang di kawasan wisata Sunan Muria yang tergabung menjadi anggota Paguyuban Pedagang Pemilik Kios dan Warung (P3KW) ataupun Padat Kinanti beserta warga sekitar akan mengadakan tasyukuran. Agenda tahunan tersebut diadakan untuk mengucap syukur kepada Tuhan yang melimpahkan berkah bagi para pedagang.

“Tradisi ini sebenarnya sebagai bentuk untuk nguri-uri budaya Jawa. Pada waktu dulu, area terminal parkir bus ini merupakan tempat untuk mandi. Lambat laun setelah terminal bus ini dibangun, dan para pedagang dari P3KW dan Padat Kinanti yang menjajakan dagangan di sekitar wilayah ini. Untuk itu, setiap bulan Ruwah (Sya’ban), setelah bekerja selama setahun ini, kami mengadakan tasyukuran ini, dan untuk tahun ini diadakan Kamis Legi, 11 Juni 2015 ini,” kata Budiyono, wakil ketua P3KW.

Berbagai persiapan telah dilaksanakan Budiyono untuk acara ini. Tinggal pelaksanaan saja yang akan dilakukan sore nanti di areal terminal parkir bus wisata Colo Muria. (HANA RATRI/SUPRIYADI)