Usung Koalisi Besar, PKB Rembang Tawarkan Konsep Lelang Jabatan

Desk Pilkada DPC PKB saat membuka penjaringan calon bupati dan wakil bupati di kantor DPC PKB belum lama ini. Saat ini partai berlambang bola jagat bernbintang sembilan melontarkan wacana koalisi besar enam partai politik dalam menyambut Pilkada 2015. (MURIANEWS/AHMAD FERI)

REMBANG – Wacana koalisi besar enam partai politik dalam menyambut Pilkada 2015 yang dilontarkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Rembang, dibumbui dengan tawaran progam.

Partai berlambang bola jagat berbintang sembilan ini menawarkan konsep lelang jabatan dan e-budgeting bagi bakal calon pasangan calon bupati dan wakil bupati, yang nantinya diusung melalui koalisi tersebut. Selain PKB, rencana koalisi besar itu iisi oleh Partai Demokrat, Golkar, PAN, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra.

”Soal apa kriteria sekaligus komitmen yang mesti dimiliki oleh figur calon bupati yang diusung koalisi besar, kami menawarkan konsep e-budgeting dan lelang jabatan. Koalisi besar akan fokus berbicara tentang kandidat calon bupati,” ujar Arif Agung Cholili, Ketua Desk Pilkada DPC PKB Rembang, Rabu (10/6/2015).

Terkait calon wakil bupati, Arif Agung Cholili menilai posisi tersebut bukan menjadi yang paling penting dalam wacana pembentukan koalisi besar. Sebab masing-masing calon partai politik anggota koalisi besar itu bisa menyodorkan nama bakal calon.

Sehingga partai yang tergabung dikoalisi besar bisa memilih calon pendamping bupati terbaik. Menurut Cholili, setiap partai calon anggota koalisi tengah menggodok figur bakal calon bupati maupun wakil bupati.

”Sejauh ini, partai-partai calon peserta koalisi besar sudah mengajukan rancangan nama bakal calon bupati yang akan diusung. Namun, para petinggi partai meminta agar nama itu tidak dibeber dulu ke media. Soal pertemuan, kami baru sebatas melakukannya lewat meja makan,” kata Arif Agung Cholili. (AHMAD FERI/TITIS W)