Bupati Usulkan 10 Raperda Baru

GROBOGAN – Bupati Grobogan Bambang Pudjiono mengusulkan 10 rancangan peraturan daerah (Raperda) baru pada pihak legislatif.

Usulan itu disampaikan pada sidang paripurna siang tadi, di Gedung DPRD Grobogan yang dipimpin Wakil Ketua HM Nurwibowo.

Menurut Bupati, raperda baru itu diusulkan seiring adanya aturan baru dari pemerintah. Oleh sebab itu, pihak pemerintah daerah harus menyesuaikan aturan baru itu dengan membuat perda baru yang mengatur teknis pelaksanaan.

Dijelaskan, dari 10 raperda baru itu lima di antaranya mengenai masalah desa. Yakni, penataan dan penetapan desa, kewenangan dan kelembagaan desa, kepala desa, perangkat desa serta keuangan dan aset desa. Kemudian, lima raperda lainnya mengenai pejabat penyidik PNS, penyelenggaraan penanganan bencana, penyelenggaraan kepariwisataan, perubahan perda No 14 tahun 2014 tentang penyertaan modal pemkab pada BUMD tahun 2015 dan penyertaan modal pemkab pada BUMD tahun 2016.

”Kita harapkan, raperda ini bisa segera dibahas oleh legislatif dan disahkan sebagai perda. Perda ini memang harus kita buat seiring adanya aturan baru dari pusat,” jelasnya. (DANI AGUS/TITIS W).