POM Pencak Silat Digelar di Auditorium UMK

Para atlet pencak silat sedang pemanasana sebelum bertanding pada POM yang diadakan dua tahun sekali, tahun ini diselenggarakan di Auditorium UMK, Sabtu (30/5/2015). (MURIANEWS/IQBAL NA’IMY)

KUDUS – Agenda resmi dua tahunan sekali POM cabang olahraga pencak silat digelar hari ini di Auditorium UMK, Kudus. Pelatih silat Kudus, Mas’ud ditunjuk sebagai panitia penyelenggara pertandingan.

”Kebetulan tuan rumah Pom Rayon 1 kali ini adalah UMK. POM tingkat Rayon I adalah kompetisi yang mempertemukan atlet di Karesidenan Pati dan Karesidenan Semarang,” beber Mas’ud.

20 universitas mengikuti kualifikasi untuk masuk ke POMDA. ”Rencana sebelum puasa. Venue menyusul,” imbuh Mas’ud.

Selama dua hari, sejumlah atlet dari 20 univesitas akan mengikuti pertandingan kategori tanding, seni tunggal, seni ganda, dan seni beregu. ”Di putra, yang dipertandingkan kelas A-I, sementara di putri, kelas A-F putri,” sambung Mas’ud.

Sebanyak 25 pertandingan dimulai sejak jam 08.00 WIB pagi tadi. Setelah jeda istirahat, diadakan 25 partai lainnya. ”Kualitas merata, tinggal nanti atletnya masing-masing dalam atur strategi,” sahut Mas’ud soal peserta kali ini.

Meski demikian, Mas’ud menggadang-gadang Kurnia Fahrianto (UNNES, Kudus) dan Anton Wijayanto (UNWAHAS, Semarang) kemungkinan akan bertemu di final. ”Itu akan jadi pertandingan yang menarik ditonton,” serunya.

Lebih lanjut, Mas’ud mengapresiasi antusiasme penonton yang meriah, tidak adanya cedera, sampai sekarang semua berjalan lancar. Pemenang akan mendapatkan piagam dan Piala dari BAPOMI. ”Nanti sore, Pak Subchan Sesepuh Pencak Silat tingkat Kudus direncanakan akan menghadiri venue nanti sore,” kata Mas’ud.

Dia menilai UMK sebagai tuan rumah, jika bisa sampai semifinal sudah sangat bagus karena persaingan sangat ketat sekali. (IQBAL NA’IMY/TITIS W)