Pembuat Batu Bata Mulai Banjir Order

Wiji, salah seorang pembuat batu bata warga Desa Temurejo, Kecamatan Blora saat mencetak degan alat manual. Hal itu membuatnya kesulitan memenuhi pesanan yang terus datang. (MURIANEWS/PRIYO)

BLORA – Memasuki musim kemarau sejumlah pembuat batu bata mulai dibanjiri pesanan. Hal ini dirasakan Wiji, warga Desa Temurejo, Kecamatan Blora. Ia mengaku sudah banyak pesanan yang datang kepadanya beberapa pekan ini.

”Pada musim kemarau seperti ini, adalah saat-saat panen bagi pembuat batu bata. Sebab banyak pesanan yang datang,” jelas Wiji salah satu pembuat batu bata, Sabtu (30/5/2015).

Menurutnya banyaknya pesanan dikarenakan banyaknya proyek pembangunan, yang mulai dilaksanakan di musim kemarau ini. Misalnya pembangunan gedung bahkan sampai perumahan. ”Sebelumnya memang sepi pembeli. Tapi kami menyakini menjelang proyek pembangunan dimulai atau pembangunan gedung maupun rumah, pesanan akan meningkat,” terangnya.

Namun dirinya kerap kesulitan memenuhi order. Dalam dua pekan, ia hanya bisa menghasilan maksimal 10 ribu batu bata siap pakai. Padahal, permintaan terus mengalir.

”Saya tidak bisa berproduksi lebih dari 10 ribu per dua pekan. Karena tenaga yang terbatas dan tentu juga tempat. Dan hanya dua pekan sekali kami membakar bata,” ungkapnya. (PRIYO/TITIS W)