Menjadi Juara Bukan Tujuan Utama

Salah satu aksi peserta lomba pidato di KKG PAI Undaan. Juara bukanlah tujuan utama, tetapi menampilkan yang terbaik itu yang luar biasa. (MURIANEWS/EDY SUTRIYONO

KUDUS – Meski lomba agama yang digelar oleh kelompok kerja guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SD Kecamatan Undaan akan bermuara pada kejuaraan. Namun di sisi lain hal tersebut tidak berlaku pada sekolah-sekolah tertentu.

”Yang penting lomba ini bisa menambah pengalaman, ilmu, teman sesama siswa. Selain itu, kami ikut bukan berarti untuk mencari juara, akan tetapi bisa mendidik siswa supaya tahu pendidikan agama dengan maksimal,” kata Abdul Jalil, guru SD 4 Kalirejo, Kecamatan Undaan.

Menurutnya, dengan dalih tidak mengajari juara itu bukan berarti tanpa latihan. Selain itu, pihaknya juga sudah menggelar latihan uuntuk menghadapi lomba ini semenjak satu pekan yang lalu. Baik mulai dari latihan membaca Alquran, pidato, bahkan sampai dengan meminta izin orang tua siswa. Supaya ke depannya lomba ini bisa lancar.

Dia menambahkan, juara itu penting bagi kebanggaan siswa dan sekolah. Namun yang paling penting ialah siswa siswi ini bisa menunjukkan kemampuannya di bidang agama Islam dengan baik. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)