Pengisian Data Pencalonan Pakai Aplikasi

Proses pengisian data pasangan calon (paslon) yang mendaftarkan diri dalam Pilkada nanti, dilakukan melalui sistem khusus aplikasi pencalonan (silon). Maka, dalam bintek ini peserta dipandu menggunakan aplikasi oleh operator sampai bisa. (MURIANEWS/DANI AGUS)

GROBOGAN – Untuk memudahkan dan mempersingkat waktu, proses pengisian data pasangan calon (paslon) yang mendaftarkan diri dalam Pilkada nanti, dilakukan melalui sistem khusus aplikasi pencalonan (silon).

Dengan cara ini, paslon cukup mengisi data diri sekali saja. Nantinya, data itu otomatis bisa terekap di beberapa form pendaftaran yang disediakan KPU.

”Aplikasi pencalonan ini bisa digunakan untuk paslon perseorangan atau dari partai politik. Dalam bintek ini peserta dipandu menggunakan aplikasi oleh operator sampai bisa,” kata Komisioner KPU Grobogan Sakta Abaway Sakan.

Menurut Sakta, dengan aplikasi ini banyak kemudahan yang didapat. Salah satunya adalah lebih hemat dan praktis, karena tinggal input data kedalam aplikasi yang sudah disediakan. Jika ada kekeliruan pengisian, maka proses merubah juga gampang dibandingkan kalau mengisi memakai form manual atau kertas. (DANI AGUS/TITIS W)